Rabu, Juli 23, 2008

Indonesia Peringkat 4 dalam The 5th World Choir Games

PS Sulut Terbanyak Sumbang Medali
Jul 23, 2008 at 08:11 AM
Indonesia Peringkat 4 dalam The 5th World Choir Games

JAKARTA – Kontingen Sulawesi Utara terbanyak menyumbangkan medali bagi tim Indonesia dalam kompetisi paduan suara (PS) internasional The 5th World Choir Games. Sedikitnya PS Sulut berhasil meraih 3 emas dan 6 perak, yang membuat Indonesia memperoleh 24 medali, terdiri dari 9 emas dan 15 perak.


Akhirnya Indonesia yang mengikutsertakan 15 kelompok PS pada event dunia yang telah berlangsung sejak 9-19 Juli di Graz, Austria, berhasil meraih peringkat keempat dari 45 negara.
Tiga medali emas yang disumbangkan PS Sulut yakni oleh Universitas Negeri Manado, Bitung City Chorale, dan GMIM Male Choir. Sementara 6 medali peraknya disumbangkan Universitas Negeri Manado dan Bitung City Chorale masing-masing 2 perak serta Tomohon Christian Female Choir dan GMIM Male Choir Sulawesi Utara masing-masing satu perak.
Medali emas lainnya disumbangkan Elfa’s Singers. Dua medali emas dan gelar World Champion diraih Elfa’s Singer dalam kategori jazz – open category dan kategori pop – open category.
Medali emas lainnya disumbangkan oleh kelompok paduan suara Consolatio Universitas Sumatra Utara (2 emas), Gorontalo Inovasi, dan Whaku Bhim dari Papua masing-masing 1 emas.


Duta Besar RI untuk Austria dan Slovenia, Triyono Wibowo yang menghadiri acara tersebut menyatakan penghargaan dan kebanggaannya terhadap seluruh kelompok Paduan Suara Indonesia yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Mereka telah mengharumkan nama Indonesia dalam kompetisi Paduan Suara tingkat dunia tersebut,” ujarnya dalam keterangan resminya pada pers kemarin.
Sebagian besar kelompok paduan suara ini telah kembali ke tanah air. Sedangkan beberapa kelompok lainnya masih melanjutkan perjalanan untuk berpartisipasi dalam berbagai kompetisi dan pertunjukan musik di berbagai negara Eropa lainnya.
Kelompok paduan suara Elfa’s Singers misalnya akan melakukan beberapa pertunjukan di Jerman, sementara Whaku Bhim dari Papua masih melanjutkan perjalanan untuk tampil dalam World Symposium on Choral Music di Denmark.


Sementara medali perak disumbangkan oleh Sekolah Pelita Harapan Bukit Sentul (3 perak) dan Angelicus Indonesia Choir. Kemudian Gema Chandra Cendrawasih Universitas Cendrawasih Papua, PSM Universitas Hasanudin, Voice of Yayasan Pendidikan Jayawijaya Papua, Whaku Bhim dari Papua dan Adoro Te Choir masing-masing 1 perak.
Indonesia terpilih dari wilayah Asia Tenggara untuk diliput secara khusus oleh TV Nasional Austria ORF 2. Penampilan paduan suara Whaku Bhim dari Papua akan ditampilkan secara khusus bersama beberapa kelompok paduan suara lainnya.
Diantaranya dari Tiongkok, Australia, Amerika, Eropa dan Afrika Selatan dalam acara ”We Are The World, Die Grosse Sommer-Nacht der Chore”, International Choir Competition World Choir Games. Acara ini akan disiarkan ke seluruh wilayah Austria pada hari Sabtu (26 /7/2008) pukul 20:15 waktu setempat.


Kompetisi yang diikuti 441 kelompok paduan suara ini mempertandingkan 28 kategori antara lain paduan suara anak, paduan suara pemuda, paduan suara campuran (pria dan wanita), paduan suara wanita, paduan suara pria, musica sacra, music of the religions, musik kontemporer, jazz, pop, gospel and spiritual, dan folklore (musik rakyat).
Sebagian besar paduan suara Indonesia mengikuti kategori folklore yang telah memukau para penonton karena keragaman budaya yang ditunjukkan dalam kostum, alat musik, jenis lagu dan perpaduan musik dan tari. Kategori lainnya yang diikuti adalah popular choral, jazz, musica sacra, gospel and spiritual, paduan suara pria, paduan suara wanita dan paduan suara campuran. (jpnn)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Apa yang diraih Indonesia sejatinya merupakan prestasi luar biasa, hal ini tidak terlepas juga dari kontribusi Sulawesi Utara sebagai gudangnya paduan suara. Sulut perlu lebih banyak lagi event sejenis yang akan terus mengasah kemampuan Paduan Suara di Sulawesi Utara.
Kami juga berencana akan menggelar sebuah event paduan suara yang diberi nama " The 1st Telkomsel Male Choir Competition 2008 " yang akan diikuti oleh seluruh kelompok paduan suara di Sulwesi Utara dari berbagai denominasi gereja pada tanggal 4 s.d. 5 Oktober 2008.
Tema kegiatan ini adalah "Ut Omnes Unum Sint" (Supaya mereka menjadi satu)Info detail www.mdocommunityoutlet.multiply.com

GOD Bless... tks