Sabtu, Juli 19, 2008

Manado Berkembang Pesat

Manado Berkembang Pesat
Jul 17, 2008 at 08:24 AM
Perdagangan, Hotel dan Restoran Kontributor Terbesar Ekonomi

MANADO—Pertumbuhan pesat di Manado tak bisa dipungkiri memberikan kontribusi terhadap perekonomian kota Manado. Jika dilihat dari setiap subsektor, ada lima subsektor yang memberikan kontribusi terbesar, yakni bangunan, perdagangan, hotel dan restoran, angkutan, keuangan, dan jasa-jasa. Hal ini diungkap Dr (Cand) Abdi W Buchari SE MSi, kemarin (Rabu,16/7). “Sektor perhubungan memang memberikan kontribusi besar. Karena data terakhir menunjukkan sekitar 2000 orang masuk keluar di bandara Samrat setiap harinya,” jelasnya. Dari 2000 orang tersebut setengahnya diperkirakan orang Manado atau para pejabat yang menjalankan tugas ke luar daerah. “Kalau kita perkirakan setengahnya orang Manado atau pejabat yang tugas ke luar daerah, berarti setengahnya orang luar. Ke depan maskapai-maskapai penerbangan akan menambah frekuensi terbang untuk Manado. Ada salah satu maskapai penerbangan yang berencana akan mendirikan homebase di Manado,” ungkapnya lagi.
Kemudian subsektor komunikasi mengalami pertumbuhan 60%, lanjutnya. “Orang miskin saja pake hp. Mungkin tidak semua tapi paling ada yang beli hp dengan uang BLT. Torang saja mungkin pegang dua hp,” katanya. Tak heran Manado memberikankontribusi terbesar dalam PDRB Sulut. “Manado sebagai kota etalase Sulut, ini terindikasi lewat kondisi perekonomiannya. Manado 25% memberikan kontribusi terhadap PDRB Sulut, sementara yang 75% adalah kabupaten/kota lain,” tambah Wawali.
Sementara untuk sektor lain, kontribusi tergolong rendah seperti pertanian, industri olahan, keuangan, dan pertambangan/penggalian. (gyp)

Tidak ada komentar: