Minggu, Januari 04, 2009

2009, Manado Lebih Baik

Perhatikan Pelaku Usaha, Dukung Agenda Pemerintah
MANADO—Perkembangan Kota Manado di tahun 2009, butuh peningkatan dalam sektor ekonomi. Pasalnya, kemajuan Kota Manado sangat ditentukan defisit pendapatan Kota Manado. 


Menurut Ketua Umum Gapeknas Sulut Paulus Pangau ST, di tahun 2009 pelaku investasi harus lebih diperhatikan karena sektor ekonomi dapat menggerakkan peluang untuk berinvestasi dan selain itu pengusaha yang ada dapat lebih memajukan sektor ekonomi dengan cara membuka peluang bisnis di Manado. 
Banyaknya pengusaha Manado yang ada di daerah luar, harus bisa diajak berinvestasi dengan diberikan jaminan peluang usaha yang luas, sehingga pengusaha-pengusaha tersebut bisa memajukan Kota Manado. "Berkaca dari tahun sebelumnya dimana sektor ekonomi masih belum berjalan maksimal, untuk itu Kota Manado di tahun 2009 butuh perubahan di sektor ekonomi dan kebijakan yang dibuat harus sepaham dengan perekonomian yang sedang berjalan di Manado," kata Pangau. 
Sementara itu, Steva seorang aktivis mahasiswa Unsrat mengatakan, sentuhan ekonomi dengan cara menggerakkan peluang investasi dibutuhkan partisipasi semua kalangan, karena dengan adanya investasi yang besar dapat memacu pertumbuhan ekonomi yang sehat. "Saat ini diharapkan Pemerintah Kota Manado dapat memberikan jaminan peluang usaha bagi pengusaha, sehingga dengan membuka cara berinvestasi tersebut dapat memberikan nilai positif bagi kemajuan sektor ekonomi Kota Manado," pungkasnya.
 Program Pemerintah Kota Manado dan Sulut di tahun 2009, menurut prediksi aktivis buruh Sulut, Tommy Sampelan SE, akan memberikan keuntungan bagi masyarakat Kota Manado dan bagi daerah Sulut pada umumnya. "Kemungkinan 2009 akan lebih baik dari tahun sebelumnya, karena berbagai agenda-agenda pemerintah yang nantinya akan dilakukan oleh pemerintah. Dengan dilaksanakannya agenda MPKP dan WOC secara otomaris akan memberi manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat Sulut," ujar Ketua KSPI Sulut. 
Ia menambahkan, khusus untuk prediksi politik pada tahun 2009, menurutnya akan lebih baik dari Pemilu sebelumnya. Karena pada tahun 2009 demokrasi akan benar-benar terwujud. "Dengan keluarnya keputusan MK tentang suara terbanyak, maka itu akan memberi warna baru di Pemilu 2009. Ini berarti suara rakyat akan benar-benar bermanfaat," katanya. Sementara itu, menurut pengamat sosial kemasyarakatan, Drs Jhony Rumolos MSi yang juga adalah Dekan FISIP Unsrat mengatakan, tahun 2009 akan lebih baik dari tahun sebelumnya. "Masyakat Sulut sudah dikategorikan masyarakat yang cerdas. Mengapa, karena Sulut pendidikannya baik. Kalau masyarakat Sulut cerdas, Itu berarti Pemilu 2009 akan berjalan lancar, asalkan elit-elit politik dapat memainkan peran politik yang baik untuk masyarakat," tuturnya.(cw-14/cw-17)..mdopost.com



Get your new Email address!
Grab the Email name you've always wanted before someone else does!

Tidak ada komentar: