Minggu, Januari 04, 2009

Miliaran Habis untuk Kembang Api

MANADO-Pesta menyambut tahun Baru 1 Januari 2009 di Sulut berlangsung sangat meriah. Sejak siang hari, kondisi kota Manado yang menjadi pusat perayaan di daerah Nyiur Melambai ini, telah penuh sesak. Tak heran jika terjadi kemacetan di jalan-jalan protokol yang menjadi titik pesta tahun baru. 
Sekitar pukul 21.00 Wita, langit di berbagai penjuru kota mulai diwarnai oleh kembang api dari berbagai jenis dan ukuran. Sejak pukul 22.00, ledakan petasan dan kembang api sudah tak ada putusnya dan baru reda sekitar pukul 02.00 dini hari. Puncak kemeriahan terjadi tepat pukul 00.00, dimana seluruh warga keluar ke jalan dan saling berpelukan memberi ucapan selamat.
Pantauan wartawan koran ini, sepanjang jalan Piere Tendean Boulevard merupakan salah satu pusat perayaan. Kembang api berukuran besar yang dilepaskan dari tiga Mall yaitu Mega Mall, Manado Town Square dan Bahu Mall, membuat warga berhamburan ke jalan untuk melihatnya. Akibatnya, kondisi jalan menjadi macet total dan polisi lalu lintas dibuat kerja keras mengatur kendaraan. 
Selain itu, Taman Kesatuan Bangsa (TKB) kompleks Pasar 45 ikut menyajikan pesta tahun baru yang unik. Gelaran seni dan budaya oleh para artis lokal mengawali pesta tahun baru di objek wisata warga kota ini. Tepat pukul 00.00, Wakil Wali Kota Manado Abdi Buchari bersama jajaran Muspida Pemkot Manado, melakukan toast bersama diiringi pesta kembang api.  
Gubernur Sulut SH Sarundajang SH sendiri beserta jajaran Muspida Pemprov Sulut, merayakannya di hotel Peninsula yang berada di jalan Jenderal Sudirman. Dari tempat yang berada di ketinggian ini, pesta di hampir seluruh bagian kota dapat terlihat. Puncak perayaan tepat pukul 00.00 juga dilakukan toast bersama yang dipandu oleh Sarundajang.
KRISIS EKONOMI
Pesta gemerlap ini mendapat perhatian dari pengamat ekonomi. Sebab, perayaan yang meriah ini sangat kontras dengan krisis global yang mempengaruhi perekonomian dunia. "Ini berarti Sulut tidak terpengaruh dengan krisis ekonomi dunia," ujar Stanly Alexander selaku ekonom Sulut, kemarin.
Ia memperkirakan, total anggaran yang dikeluarkan warga Sulut untuk pesta tahun baru kali ini mencapai milyaran rupiah. "Kali ini sangat banyak kembang api berukuran besar dengan harga ratusan ribu per buah," jelasnya.  
Perkiraan pengamat ekonomi ini cukup beralasan. Pasalnya selama empat jam langit Manado penuh dengan kembang api. Satu jam saja ada ratusan ribu kembang api yang dipasang. Belum dihitung kembang api yang dipasang sudah sejak tanggal 20 Desember, sebelum Natal.. Belum lagi kembang api yang dipasang warga Tomohon, Minahasa, Bitung, Minut, Minsel, dan daerah-daerah lain.  
Rata-rata warga saja menghabiskan Rp500 ribu hingga Rp1 juta hanya untuk belanja kembang api. ''Kita ada beli doble breek dan super nova empat dos sekitar Rp600 ribu,'' ungkap Hen, salah seorang bapak yang mengaku tahun 2009 ini sangat mudah mendapatkan kembang api, tidak seperti memasuki tahun 2008 lalu yang tidak dijual bebas..  
Sementara itu, sebelum malah perpisahan tahun, di seluruh gereja dilakukan ibadah syukur. Salah satunya misa Missa Syukur di Gereja Katolik Hati Tersuci Maria Katedral. Uskup Manado Mgr Josef Suwatan memimpin ibadah yang dihadiri umat Katolik di Manado. Missa berlangsung dengan khusuk dan damai, tanpa terpengaruh keramaian dari luar gereja.  
Dalam khotbahnya, Suwatan mengajak umatnya untuk mencontohi kerja Allah dengan merendahkan diri dan penuh kesederhanaan dalam kedamaian. Tanggal 1 Januari dicanangkan Paus Benedictus sebagai Hari Perdamaian Dunia.  
Dilanjutkannya, tema yang diangkat untuk Hari Perdamaian Dunia tahun ini yaitu 'Memerangi kemiskinan untuk memerangi kemiskinan'. Katanya, yang harus diperangi tidak hanya kemiskinan materi saja, namun kemiskinan hati, kemiskinan rohani, kemiskinan moralitas, serta kemiskinan spiritual. "Mari jaga kebersamaan dan perdamaian kita yang akan menjadi kunci kemajuan aerah ini, salah satunya sukses World Ocean Conference (WOC) Mei mendatang," harapnya. (cw-01/cw-08/cw-03)... mdopost.com



New Email names for you!
Get the Email name you've always wanted on the new @ymail and @rocketmail.
Hurry before someone else does!

Tidak ada komentar: