Sabtu, Januari 03, 2009

Penyesuaian Tarif di Sulut, Januari 2009

Turunnya harga BBM yang ditetapkan pemerintah, dalam waktu dekat ini akan diikuti dengan penyesuaian tarif angkutan darat di Sulut. Sesuai rencana, kebijakan tersebut bakal diefektifkan 1 Januari 2009 mendatang. Namun menurut Plt Kepala Dinas Perhubungan Sulut, Marnalom Hutahaean, penye-suaian tarif tersebut persen-tasenya terbilang relatif kecil, yakni sebesar empat persen dari nominal tarif yang diber-lakukan saat ini. 
"Memang nilainya relatif kecil. Tetapi penyesuaian ini ditetapkan atas turunnya harga BBM. Dan sesuai de-ngan perhitungan yang ada, adalah sebesar empat persen. Ingat, ini adalah penyesuaian bukan penurunan tarif," ung-kap Marnalom kepada warta-wan, Selasa (30/12).
Khusus untuk tarif angkutan laut, kata Marnalom, sudah diberlakukan sejak pekan lalu. Pertimbangannya, karena angkutan laut pada waktu terjadi kenaikan tarif sebe-lumnya tidak mengalami ke-naikan. 
"Makanya, pada waktu ter-jadi penyesuaian, tarif ang-kutan laut justru naik," ka-tanya sambil menambahkan bahwa tarif angkutan laut itu meliputi angkutan laut lokal yang melayari Kepulauan Sangihe serta angkutan ferry Bitung-Melonguane. Seperti diketahui, untuk melakukan penyesuaian angkutan tarif itu, juga dipengaruhi sejumlah indikator sebagai pertimbangan yang meliputi harga BBM, harga suku cadang atau spare part.(eda)  

source hariankomentar.com



New Email names for you!
Get the Email name you've always wanted on the new @ymail and @rocketmail.
Hurry before someone else does!

Tidak ada komentar: