Rabu, Oktober 01, 2008

Sail Bunaken Dimatangkan

Sail Bunaken Dimatangkan

Infrastruktur Penunjang Dibangun

MANADO—Penyelenggaraan Sail Bunaken dipastikan bakal menyemarakkan HUT RI ke-64 2009 nanti sekaligus Hari Nusantara 2009. Menurut Kabid Program Dinas Kelautan dan Perikanan Sulut Ir Haidy Malingkas MSi, Sulut akan menjadi tuan rumah Sail Bunaken 12-20 Agustus 2009.
Selama gelaran yang bertema “Jaga Laut untuk Generasi Mendatang”, di Sulut akan digelar pameran armada Angkatan Laut (fleet review), rally kapal pesiar (yacht rally), kapal perang (war ship), perahu layar (silling pass) dan kejuaraan menyelam (diving tournament).
Sail Bunaken ini digelar untuk membangun kecintaan dan kebanggaan terhadap dunia bahari Indonesia, menggalang Seamen Brother Hood dan meningkatkan citra Indonesia sebagai negara maritim besar serta promosi wisata dan budaya bahari. Lanjut Haidy, 50 kapal akan ikut serta dalam fleet review, yang terdiri dari 20 kapal perang TNI AL dan 30 kapal perang dari berbagai negara, diantaranya Australia, Brunai Darussalam, China, Perancis, Jepang, Korsel, Selandia Baru, Rusia, Singapura, Amerika Serikat, Vietnam, Chilie, India, Peru, Bangladesh dan Mexico.
Untuk kesiapan Sail Bunaken telah dilakukan berbagai rapat koordinasi (Rakor). “Rakor telah dilakukan beberapa kali dengan Menteri Kelautan dan Perikanan, bersama Gubernur Sulut, Wakasal TNI AL, Asop Kasal dan Atase Pertahanan dari China, Brunei, Australia, Jepang, Thailand dan Amerika Serikat,” kata Haidy, kemarin (Rabu,24/9).
Menghadapi even internasional ini, Sulut sedang melakukan pembangunan fasilitas dan infrastruktur penunjang. “Telah didukung dengan SK Gubernur 127/2008 tentang Pembentukan Panitia Daerah pelaksanaan Sail Bunaken di Sulut sehingga perbaikan dan pembangunan jadi sasaran,” ungkapnya. (cw-09)

1 komentar:

coolblue mengatakan...

Postingan yg bagus bro...
pas qt cari pke kata keyword "sail bunaken", blog km ini dah termasuk 10 bsr loh d uncle google...

keep update bro...

Sukses Sail Bunaken 2009 \(^0^)/